6 Makanan untuk Orang Sakit agar Cepat Pulih

Makanan tentunya berfungsi untuk memenuhi kebutuhan gizi dan dapat membantu proses pemulihan pada orang yang sedang sakit.

Namun, terkadang orang yang sedang tidak fit pasti akan merasa makannya lebih sedikit karena akibat mual atau nafsu makan pun berkurang.

Kabar baik, terdapat beberapa jenis makanan yang dapat membantu Anda memulihkan diri dari sakit sekalipun Anda sedang tidak nafsu makan. Simak berikut.

1. Madu

Madu termasuk kedalam salah satu makanan terbaik untuk orang sakit, terutama bagi Anda yang sedang mengalami gejala sakit tenggorokan akibat infeksi dari bakteri.

Madu yang mempunyai sifat antibakteri yang cukup kuat dapat membantu cukup ampuh dalam penyembuhan sakit tenggorokan.

Beberapa laporan ilmiah pun mengatakan bahwa madu dapat meningkatkan fungsi sistem imun dan untuk bisa memanfaatkannya, cobalah meminum 1 sendok teh madu dan campurkan dengan air, susu, atau teh yang hangat.

2. Sup Ayam

Sup ayam sebenarnya cukup baik untuk dikonsumsi saat Anda sedang demam ataupun pilek. Makanan yang mengandung protein, kalori, vitamin, serta mineral ini cukup baik dalam penyembuhan.

Tak hanya itu, kandungan air dan elektrolitnya juga bisa membantu mencegah dehidrasi karena keseimbangan cairan pada tubuh Anda menjadi lebih terjaga.

Sup ayam bisa melegakan hidung yang mampet akibat pilek menurut penelitian di tahun 2014 dan manfaat ini diduga berasal dari sistein yang merupakan sejenis asam amino yang dapat melawan virus serta peredangan pada tubuh.

3. Pisang

Makanan lain yang bermanfaat untuk orang sakit merupakan buah pisang, yang dimana buah ini selain mudah dicerna juga dapat membuat Anda kenyang lebih lama.

Anda bisa memenuhi kebutuhan karbohidrat, kalori, dan vitamin saat mengonsumsinya. Kandungan serat yang ada pada pisang juga bisa membantu memadatkan feses dan mengurangi gejala diare.

Jadi, bila makanan yang Anda konsumsi tampaknya justru memang membuat perut tidak nyaman, cobalah mengonsumsi pisang.

4. Oatmeal

Orang yang sedang terkena gangguan pencernaan biasanya memang dianjurkan untuk makan makanan yang tawar. Nah, salah satunya adalah oatmeal.

Oatmeal yang mengandung kalori vitamin dan mineral juga cukup bagus untuk pemulihan. Tak hanya itu, serat beta-glukan pada oatmeal juga dapat membantu meredakan peredangan pada usus.

Dengan hal ini pun peredangan gejala seperti sakit perut, diare, dan kembung akan semakin berkurang.

5. Sayuran Berdaun Hijau

Orang yang sakit pastinya membutuhkan banyak sekali asupan vitamin serta mineral untuk mempercepat proses pemulihan.

Namun, sebelum memilih meminum suplemen, ada baiknya Anda mendapatkan zat gizi dari sayuran hijau seperti kangkung, bayam, dan lainnya.

Selain mineral dan vitamin, sayuran hijau yang mengandung zat khas tumbuhan yang bersifat sebagai antioksidan ini juga cukup bagus.

Cobalah untuk menambahkan sayuran ini ke sepiring omelet untuk tambahan protein jika Anda memang bosan dengan olahan sayuran yang biasa.

6. Yogurt

Mengonsumsi beberapa sendok makan yogurt dapat Anda coba jika memang sedang tidak nafsu makan.

Produk susu yang satu ini mungkin tidak begitu padat, namun kandungan gizi dan kalorinya dapat membantu memenuhi kebutuhan harian Anda selama masa pemulihan.

Kandungan probiotik yang ada pada yogurt juga baik untuk pencernaan kita dan dapat mempercepat proses penyembuhan.

Hal ini disebabkan karena bakteri baik pada probiotik dapat meningkatkan fungsi sistem imun dan dapat mengurangi adanya peredangan di tubuh.

Rasa mual dan penurunan nafsu makan mungkin membuat Anda lebih susah makan saat sedang gejala ataupun sedang sakit. Maka dari itu, Anda dapat mencoba berbagai makanan di atas sebagai solusinya.

Pos dibuat 12

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas